KEBENARAN

Beberapa hari lalu saya diingatkan oleh teman diskusi. Saya rasa dia orang yang baik, setidaknya dalam batas pengetahuan saya, meski dia sendiri menganggap dirinya bukan orang baik. Ya sudah, setiap orang lebih tahu tentang dirinya daripada orang lain, terlebih dia tidak suka dihakimi. Lagi pula merasa diri tidak baik lebih baik daripada merasa sudah baik …

YAELAH, TADZ

Sore kemarin saya diberi mandat untuk mengisi kajian di sebuah cafe, stasiun kopi namanya. Cafe yang didesain dengan sentuhan anak-anak muda, dimaksudkan untuk tempat kongkownya anak-anak muda, bahkan para pegawainya juga para pemuda. Padahal saya juga anak muda, entah mengapa kesannya saya yang ngomong begini berasa jadi tua. Kajian ini adalah ide dari manager cafe …

KONTRADIKSI

👧🏻: iya ya, padahal mah kalau mau liat hadits sebetulnya kita tuh harus lebih mencintai orang lain ketimbang diri sendiri. Tapi, yang umum di masyarakat kita mah justru kita tuh harus mencintai diri sendiri dulu. 👦🏻: emang kontradiksi ya? Aku sih gak liat itu kontradiksi teh. 👧🏻: ya iyalah. Gk kontradiksi gimana coba. 👦🏻: ya …

Tipu muslihat (1)

👦🏻: jadi yang fitnah itu bukan cuma perempuan ya, laki-laku juga. Gitu? 👧🏻: iya dong. Kan kemarin udah dijelasin. Dikasih contoh juga, zulaikha itu loh. 👦🏻: hmm, iya yak. Ih tapi btw tentang Zulaikha nih ya, di alquran disebutin "inna kaidakunna 'adzīm (Yusuf: 28)." 👧🏻: iya emang, itu yang ngomong aziz mesir kan, pas zulaikha …

Lagi M boleh puasa? (2)

Mari kita lanjut melaksanakan tugas seorang netijen gaes. Jabatan sebagai netijen ini adalah amanah, jadi mari kita tunaikan dengan sebaik-baiknya~ Di sini saya akan lampirkan capture, kemudian terjemah bebas menyangkut poin utama yang hendak disampaikan, baru setelah itu saya nyinyirin komentarin deh. Ini bagian pertama Haidh pembatal puasa? +Al-baqarah:186 memberi penjelasan, ada 3 hal yang …