AHSANAL-QASHASH

Kemarin saya bikin kuis kecil-kecilan di instagram, salah satu pertanyaannya soal term “ahsanal-qashash” alias kisah terbaik yang disebut di dalam Al-Qur’an, kisah apa yang dimaksud?

Maklum karena instagram cupu yang followernya dikit, yang menanggapi cuma 6 orang. 5 di antaranya menjawab kisah Yusuf, satu sisanya jawab al-kahfi, mungkin maksudnya cerita ashabul-kahfi(?). Alā kulli hāl, kisah apa yang disebut-sebut sebagai ahsanal-qashash sebetulnya?

Pertama, kata ‘ahsanal-qashash’ muncul di surat Yusuf ayat 3. Jadi, anda yang jawab kisah terbaik adalah kisah Yusuf, selamat anda benar.

Bagaimana dengan yang menjawab kisah terbaik adalah kisah para penghuni gua? Selamat anda juga benar.

Yang menjawab kisah Khidlir benar, kisah Musa benar, kisah Zakariya benar, kisah Maryam benar. Nahlo, kok gitu?

Ya gitu, karena sebaik-baik kisah adalah setiap kisah yang Allah ceritakan di dalam Al-Qur’an.

Ta tapii kann…

Ssttt…

Perihal kata itu muncul di surat Yusuf tidak lantas bahwa ahsanal-qashas hanya kisah Yusuf. Apa kalau pasangan halalmu bilang “aku sayang kamu” di kamar, mau kamu simpulin dia sayangnya cuma di kamar?

Tamtsilnya terlalu mekso ya bund, huhuu~

Walillāhil-matsalul-a’lā~

Kedua, coba kita telaah sebab turun ayat ini. Diriwayatkan pada suatu masa sebagian sahabat merasa dalam kondisi ‘jenuh,’ lalu berkata pada Rasulullah, “wahai Rasulullah, kiranya berkenankah engkau menceritakan kisah-kisah kepada kami.” Lalu turunlah surat Yusuf 1-3 sebagi jawaban atas permintaan mereka.

Para sahabat meminta diceritakan kisah-kisah, Allah tunjukan pada ahsanal-qashash wich is, ya kisah-kisah dalam Al-Qur’an.

Ketiga, coba perhatikan kisah 2 tabiin ini, yang satu bernama ‘Al-aswad bin Yazid yang lainnya ‘Alqamah. Suatu ketika keduanya menemukan lembaran berisi kisah-kisah menkajubkan, dibawalah lembaran itu kepada Ibnu Mas’ud.

“Kami nemu lembaran ini, isinya cerita-cerita ‘ajib”

“Oh ya? Coba sini lihat,” kata Ibnu Mas’ud. “Hey, coba ambilin sebaskom air,” katanya lagi ke budak perempuannya.

Si budak datang dengan sebaskom air, “coba siramin sini airnya.” Air disiramkan ke lembaran tadi, sambil menggosok pakai tangan Ibnu Mas’ud bacain ayat ini, “Nahnu naqushshu ‘alaika ahsanal-qashashi…”

Kedua sahabat tadi tercengang, “ih coba baca dulu isinya, ceritanya keren tau!”

Ibnu Mas’ud bergeming, beliau terus menghapus lembaran tersebut, “sungguh hati-hati itu layaknya kantong-kantong, maka isilah ia dengan Al-Qur’an dan jangan isi dengan selainnya,” kata Ibnu Mas’ud.

Lihat, Ibnu Mas’ud menyitir ayat ini seolah ingin bilang, “kalau kamu nyari kisah-kisah ‘ajib, carilah di Al-Qur’an yang dijamin isinya kisah-kisah terbaik.”

Keempat, mari lihat kelanjutan kalimatnya, “bimā auhainā ilaika hādzal-qur’ān…” huruf “ب” disitu fungsinya sababiyah; menjelaskan sebuah sebab, tertaut dengan kalimat sebelumnya “naqushshu ‘alika…”

Artinya, sebab kisah-kisah ini jadi kisah terbaik karena sumbernya wahyu, dari Ia yang maha bijaksana lagi maha tahu. Apakah kisah dari-Nya hanya kisah Yusuf? Tidak, setiap kisah yang ada di Al-Qur’an ya sumbernya wahyu dari Allah.

Dan kisah-kisah ini adalah kisah terbaik pada ranahnya dari segi penuturan, pilihan diksi, serta hikmah dan ibrah yang yang terkandung pada tiap-tiap kisah tersebut.

Ta tapii…

Sttt…

Kalau disebut terbaik harus ada bandingannya? Ya kisah-kisah Al-Qur’an terbaik dibanding kisah yang di luar Al-Qur’an. Dibanding Romeo-Juliet, 1001 malam, upin-ipin, law school, vincenzo, partner for justice, atau kisah apa baelah. Pokoknya jauuuuuhh; melebihi bainas-samā’i was-sumūr~


Disarikan dari: Tafsir At-Tahrīr wat-Tanwīr, Ibnu ‘Asyūr.

2 Replies to “AHSANAL-QASHASH”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s